IMG-LOGO
Berita/Artikel

DURIAN RUNTUH ITU BERNAMA ADD

Create By 19 September 2018 3466 Views
IMG
“Nanti setiap desa akan mendapatkan alokasi dana yang berasal dari dua sumber. Dana transfer (dari APBN) jumlahnya Rp 59,2 triliun. Kemudian alokasi dana desa dari kabupaten. Jadi bisa-bisa setiap desa mendapatkan lebih dari Rp1 miliar setiap tahun," Ujar Menteri Dalam Negeri, Gamawan Fauzi, medio Maret 2014 sebagaimana dikutip jpnn.com.
 
Setiap desa yang saat ini jumlahnya mencapai 72 ribu di seluruh Indonesia, akan memeroleh anggaran berkisar Rp 800 juta hingga Rp 1,4 miliar per desa.
 
Setelah PP yang mengatur pelaksanaan Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa disahkan.
“Seluruh desa di Indonesia diperkirakan sudah akan menerima kucuran dana transfer dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN), Juli 2014 mendatang....!”
 
Jumlah yang sangat tidak sedikit.  Sudahkah kita semua mempersiapkan diri menerima amanah yang teramat berat itu?
 
Bukan hanya pemerintahan desa dan masyarakat desa tetapi kita semua bertanggungjawab secara moral terhadap jalannya pembangunan desa yang tiba-tiba mendapatkan durian runtuh itu.
 
Rezeki sekaligus tantangan untuk sebuah desa yang berdikari.  Selamat berencana, membuat strategi untuk mendayagunakan durian yang runtuh:  sebagai makanan segar langsung dari nyamplungnya, dimixing dengan buah lain dalam es buah aneka rasa, dimixer menjadi juice durian,  diuleg dengan cabe menjadi sambal-durian khas Palembang, dibikin tempoyak juga bisa biar awet, atau selai durian dan berbagai jenis kudapan lainnya.
 
Semoga tidak tertusuk durinya, yang secara tradisional harus diobati dengan olesan isi durian itu sendiri.  Kalau lebih serius, tentu obat lainnya menjadi keharusan.
IMG
IMG
IMG